Cara memperpanjang Umur baterai Laptop.

Salam sukses mitra Blogger. Pada malam hari ini saya akan sedikit mengulas tentang cara merawat atau cara memperpanjang Umur baterai pada Laptop atau Netbook Anda. Hal ini mungkin penting saya share karena menuruh pengalaman saya beberapa waktu kemarin waktu menggunakan baterai Notebook VAIO kadang karena kondisi jadwal yang penuh sehingga kadang cara merawat beterai menjadi salah dan Laptop Vaio saya baterai jadi bermasalah. Yang awalnya bisa sampai 3 jam sekarang hanya bisa paling bertahan setengah.

Tentu hal ini akan sangat merepotkan terutama bagi saya yang kondisi pekerjaan di tuntut untuk mobil. Sehingga mengharuskan kita kemana-mana selalu bergantung untuk mencari colokan listrik. Mungkin kita punya uang untuk membeli kembali baterai baru cuman yang jadi masalah belinya kemana. Apalagi untuk jenis Laptop yang kayak model saya agak-agak susah karena bukan masuk kategori laptop Rakyat(Banyak yang pakai), jadi yang mau jual baterai juga malas menyetok. Tapi Alhamdulillah setelah hunting-hunting ke mbah google bisa menemukan juga.

Jadi karena pengalaman itu ternyata mending kita merawat baterai lebih dini daripada nanti kebingungan kalau baterai rusak. Karena laptop atau Netboojk kalau baterai dak bisa dipakai nilainya jadi sama saja dengan komputer biasa. Jadi turun jauh nilainya, terutama nilai manfaatnya. Berikut beberapa Tips untuk merawat baterai Laptop atau Notebook :

  1. Cara menCharge Baterai Anda: Sebelum mengecharge baterai Anda sebelumnya Anda Harus mengenali dulu jenis baterai Anda. Apakah masuk baterai Nickel based ataukah masuk jenis Kategori baterai Lithium-ion(Li-Ion). Untuk Jenis baterai Nickel Based memang masih menganut cara Lama untuk mengecharge pertama kali harus 8jam untuk pemakaian pertama. Tapi Hal ini tidak berlaku bagi jenis baterai Lithium-Ion(Li-Ion) , karena kalau baterai Jenis Li-Ion mau pengCharge Ke-1,Ke-2.. Ke-500 dst adalah berlaku sama. Bahkan kalau jenis baterai Li-Ion bila di Charge terlalu malah menjadikan baterai mengalami kondisi overcharging yang akan mengakibatkan umur baterai semakin pendek. Perlu di ketahui bahwa jenis baterai yang sekarang beredar hampir semuanya sudah jenis Li-Ion. jadi Mitos lama bahwa harus di charge sebalam 8 jam itu adalah konsep kuno. Yang penting kita harus mengenali dulu jenis baterai kita. Bisa di keluarkan Baterainya dan dilihat. Jika di di situ ada kata-kata Li-Ion berarti jenis baterai Anda adalah Li-Ion.
  2. Jangan memutus dan menyambung Charging baterai terlalu sering: Untuk baterai-baterai jenis Nickel based. Kita di larang terlalu lama mengCharge Baterai karena akan menyebabkan baterai melembung atau rusak. Hal ini berlaku terbalik dengan baterai jenis Li-Ion. Jenis baterai Li-Ion yang sekarang sudah diperbaiki jauh lebih bagus teknoliginya. Jadi jangan segan-segan untuk mengecharge baterai walau kondisinya Anda tidak harus menunggu Low. Justru sangat-sangat di sarankan untuk Anda Mengecharge sebelum kondisi Low. Kondisi masih 40% atau 30% atau 70% boleh di sarankan di charge. Jangan Menunggu Baterai Low kondisi tinggal 7% atau 10%, apalagi kondisi baterai sudah 0% dak bisa hidupkan komputer kalau ini sering terjadi dipaksakan saya pastikan umur baterai Anda akan cepet Drop nantinya. Karena pengalaman saya dulu seperti itu. Jangan terlalu sering putus nyambung charging itu tidak bagus. Lebih sering di biarin charge dak masalah. Karena laptop-laptop sekarang sudah di beri teknologi untuk mengatasi kondisi di charge terus-menerus. Mereka sudah ada sistem management charging sendiri, jadi jangan terlalu kawatir baterai Anda bermasalah(Hal ini berlalu bagi laptop yang sudah ada Auto Controlnya). Kalau laptop-laptop lama memang perlakuannya berbeda jadi kalau sudah mencapai 100% segera saja di cabut.
  3. Jaga Temperatur. Jangan terlalu sering memanaskan Baterai Anda. Menaruh Laptop di mobil yang kondisi Panas sangat tidak disarankan, terus bermain laptop di kasur juga tidak disarankan. Karena permukaan kasur yang akan mengikuti tekstur bawah laptop sehingga akan menurut jalur sirkulasi udara yang bekerja untuk mendinginkan laptop. Selain juga bisa berakibat ruskanya komponen yang lain misal prosesor juga umur baterai Anda. Usahakan bermain laptop di tempat yang datar. Karena ama pihak pabrik udah di desain sistem pendinginan laptop sedemikian rupa untuk sirkulasi udaranya. Jadi kalau ada yang terutup hal ini akan berakibat fatal. Bisa gunakan Coopad kalau Anda mau. Cuman tidak memakai juga dak masalah sebenarnya jika kondisi ruangan Anda sudah sejuk.
  4. Jika mau menyimpan Baterai Usahakan minimal pengisian baterai Anda dalam kondisi 40%. Habis itu bisa di simpan di tempat yang sejuk dan masukkan ke dus yang terlindungi. Supaya suhunya stabil.

2 thoughts on “Cara memperpanjang Umur baterai Laptop.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s