MENJUAL BARANG MURAH JADI MAHAL

Ketika berpikir tentang kebiasaan seseorang membeli barang, penting bagi Anda untuk memahami mengapa orang membeli suatu barang yang jauh melampaui fungsinya.

Orang tidak membeli mobil sport untuk dipakai bepergian dari tempat A ke tempat B atau jam tangan mewah untuk mengetahui waktu, atau tas buatan tangan untuk membawa barang.

Jika hanya ingin bepergian dari tempat A ke tempat B mereka akan bisa mengendarai mobil apa pun atau transportasi umum. Jika hanya ingin mengetahui waktu, mereka dapat membeli jam tangan murah. Jika hanya ingin membawa barang, mereka dapat menggunakan tas plastik.

Mereka membeli barang-barang ini karena rancangan dan gaya barang ini membawa dampak luar biasa dalam kehidupan mereka. Mereka merasa senang jika memiliki dan memakai barang yang indah serta berkualitas tinggi seperti itu. Intinya orang membeli atau memakai sesuatu adalah dipakai untuk menunjukkan identitas mereka dan cita rasa mereka.

Pelanggan/prospek Anda juga ingin membuat pernyataan tentang siapa mereka dan menunjukkan cita rasa mereka. Kadang hal ini berupa keinginan untuk dilihat sebagai bagian suatu kelompok tertentu. Di saat lain, hal ini bisa berarti tepat kebalikannya. Dengan memiliki barang itu, mereka memisahkan diri dari orang lain. Artinya dia merasa berbeda, karena ada orang yang justru tidak senang ketika bajunya ada yang sama dengan dia.

Seorang marketer harus memahami bahwa apa yang diinginkan pelanggan/prospek jauh melampaui fungsi sebuah barang. Pernah seorang lelaki membeli seuntai kalung sekadar untuk menyenangkan hatinya dengan memajang kalung itu sebagai sebuah benda seni di ruang tamu.

Seorang marketer harus selalu bisa menemukan nilai barang/jasa yang dia pasarkan sehingga walau kelihatannya barangnya sederhana tapi tetap bisa menaikkan minat prospek kita. Misal kita jualan keagenan pulsa, harus bisa meyakinkan bahwa keagenan pulsa kita berbeda dengan yang lain, tidak cuman hanya bisa mengisi pulsa dari hp kita, tapi bisnis keagenan pulsa kita adalah bisnis yang unik, dan benar-benar bisa merubah penghasilan kita menjadi spektakuler. Temukan cara-cara indah dan baik dalam menyampaikan keunikan produk Anda, maka konsumen Anda tidak akan pernah mempermasalahkan berapa harga yang harus dia keluarkan.

Intinya kita harus bisa memasuki ranah impian dan emosi pelanggan, pembicaraan yang berlangsung akan memnimbulkan minat pelanggan untuk memiliki produk kita atau bergabung dalam layanan kita. Karena dengan bergabung mungkin merasa akan menaikkan citra mereka.

Selamat berekplorasi untuk bisa memasuki ranah emosi calon prospek Anda. Yakinlah Anda pasti bisa menciptakan cara penyampaian bisnis Anda walau sederhana menjadi sangat menawan.

Lampauilah Fungsi, Jadilah Penjual Mimpi..

Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s