KEUNIKAN YANG HARUSNYA ANDA JUAL?

Apa yang Anda jual? Apakah produk tersebut serupa dengan produk lain yang ada di pasaran? Jika demikian, bagaimana menyiasati agar produk Anda lebih unik dibandingkan dengan produk lain? Akankah Anda menjual dengan harga yang lebih murah? Bila Anda melakukan hal ini, ingatlah bahwa orang lain juga bisa melakukan hal yang serupa. Memberi harga murah adalah strategi paling tidak kreatif sekaligus paling beresiko.

Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Ada tiga hal yang bisa Anda kembangkan dalam menjual. Tiga hal tersebut adalah keunikan produk Anda, keunikan perusahaan Anda, dan keunikan diri Anda sendiri. Keunikan adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Keunikan bukan lagi keunikan bila orang lain juga memilikinya. Jadi keunikan harus diciptakan terus-menerus.

Keunikan yang ada pada Anda, produk, dan perusahaan Anda harus selalu diciptakan, karena akan selalu ada kompetitor yang mengekor. Temukan keunikan Anda dan manfaatkan dalam menjual.

Menciptakan keunikan memang bukan perkara mudah. Namun, tidak boleh satu kali pun Anda berpikir bahwa Anda sudah menjadi yang terbaik. Bila ini Anda lakukan, tanpa disadari Anda akan jatuh tergilas.

Keunikan tidak boleh berhenti; memberi nilai tambah tidak boleh berhenti; berusaha lebih baik juga tidak boleh berhenti. Sekali berhenti, berarti Anda mati.

Perubahan pasti akan terjadi. Sudah menjadi kewajiban seorang tenaga penjual untuk memahami hal ini. Dan sudah seharusnya seorang tenaga penjual mengetahui perubahan yang terjadi sekecil apapun. Jika Anda memiliki keunikan sementara kompetitor Anda tidak, Anda akan keluar sebagai pemenang.

Istri saya senang membeli sayur dari tukang sayur tertentu karena tukang sayur yang satu ini enak di ajak bercanda. Suka bercanda/humor adalah juga salah satu keunikan. Dan ini menjadi nilai tambah bagi tukang sayur ini.

Saya senang pergi ke mal tertentu karena tempat parkirnya luas. Tempat parkir luas merupakan nilai tambah. Orang senang mengunjungi restoran tertentu karena produknya lengkap, dan masih banyak contoh lainnya.

Teruslah menggali keunikan Anda ketika melakukan presentasi atau menjalankan bisnis Anda. Pasti ada keunikan yang bisa Anda ciptakan dari diri Anda, perusahaan Anda yang bisa Anda pakai untuk menarik calon prospek. Hari ini mungkin Anda memiliki keunikan belum tentu besok punya. Jadi keunikan Anda harus terus Anda temukan dan temukan terus. Selamat menjadi menjadi manusia yang unik. Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s