SUPER SMART

“Making good decision is a crucial skill at every level” (Peter F. Ducker)
Bila dihitung dari tanggal 1 Januari, hari ketujuh puluh dalam sebuah tahun jatuh pada tanggal 11 Maret. Bagi bangsa Indonesia, 11 Maret merupakan tanggal bersejarah karena pada tanggal itu diterbitkan SuperSemar.
Kaitannya dengan Anda, sebagai seorang tenaga penjual, Anda pun juga harus Super Smart. Anda dapat dikategorikan sebagai seorang Super Smart bila Anda memiliki lima hal ini :
Speed Motivation Action Responsive Trust


Speed : Speed (Kecepatan) dibutuhkan oleh semua orang jika kita tidak mau ketinggalan dengan yang lain. Dan juga kecepatan di butuhkan supaya kita tidak ingin kehilangan calon prospek kita. Apalagi dalam sistem Network kecepatan menjadi faktor penting dalam pengembangan jaringan kita yang handal. Karena semakin cepat kita membangun jaringan, penghasilan kita tidak hanya bergerak secara linier, tapi juga akan bisa bergerak secara eksponensial (sangat luar biasa).
Jadi kecepatan adalah hal penting yang harus dimiliki seorang tenaga pemasar di bidang apapun. Semakin kita cepat bekerja semakin kita dapat hasil. Kalau diistilahkan SIAPA YANG CEPAT DIA YANG DAPAT, selalu pegang kata-kata itu dalam bisnis kita. Penundaan tidak akan menghasilkan apapun dalam sebuah bisnis.

Motivation : Motivasi merupakan bahan bakar dalam bisnis kita. Selalulah punya motivasi yang kuat dan menyala-nyala dalam menjalankan bisnis Anda. Dengan adanya motivasi yang kuat Prospek Anda akan memandang Anda dengan senang dan berpikiran Anda bener-bener serius menjalani Bisnis ini. Sehingga orang yang Anda ajak/kasih tawaran produk Anda akan termotivasi seperti Anda. Jadi miliki motivasi yang kuat dan tularkan motivasi itu ke orang-orang sekitar Anda, sehingga orang yang Anda ajak merasa aman dan nyaman berbisnis dengan Anda. Ini penting motivasi untuk menjaga Stabilitas jalannya bisnis Anda. Tanpa adanya motivasi yang kuat biasanya seorang pebisnis akan patah arang ketika menemui batu hambatan. Pecahkan semua masalah Anda dengan motivasi terkuat Anda dalam bisnis Anda.

Action : Kekuatan Action(Eksekusi) ini menjadi kunci pembuka kesuksesan Bisnis Anda. Seratus perencanaan ya hanya akan menjadi setumpuk perencanaan selama kita tidak pernah mau segera ber-Action. Segeralah Action dalam setiap rencana bisnis Anda. Buat daftar nama yang jelas setelah itu segera hubungi dan buat janji jangan di tunda-tunda. Karena kebanyakan kita adalah selalu menunda setiap perencanaan. Begitu sekali kita membuat penundaan terhadap sebuah perencaaan maka selanjutnya kita akan membuat alasan kedua, ketiga dan seterusnya alasan-asalan menunda perencanaan kita. Jadi Gunakan semboyan kekuatan “NOW” tidak boleh ada alasan apapun. Pokoknya punya rencana jangan tunggu lama-lama nanti kalau kelamaan bisa basi yah…

Responsive : Respon atau tanggap terhadap kondisi client/prospek kita ini adalah penting sekali. Berikan selalu respon yang positif kepada client/pelanggan kita. Setiap pertanyaan dan keragu-raguan yang timbul dari prospek/client Anda harus segera di tanggani dengan secepat dan sesegera mungkin terjawab. Karena informasi yang setengah-setengah akan menyebabkan keraguan bagi prospek untuk melakukan closing. Jadi selalulah latih respon kita terhadap pelanggan/client kita. Perhatian-perhatian kecil kadang akan banyak berefek besar dalam pelayanan kita. Misal mengucapkan selamat ulang tahun dll. Jadi mulailah kenali hal-hal kecil dari client kita, insya allah hasilnya maknyuusss…

Trust : Nah ini yang penting, Trust(Kepercayaan) ini adalah basis dasar yang dimiliki dalam semua bisnis. Bangun kepercayaan pelanggan Anda. Karena jika pelanggan Anda percaya kepada Anda mereka akan selalu mendukung Anda. Dan juga akan mempromosikan diri Anda ke orang lain. Jagalah rasa kepercayaan Anda di mata client Anda. Jangan pernah main-main dengan yang namanya kepercayaan ini WAJIB HARUS ANDA di Anda kalau ingin sukses menjalankan Bisnis. Sekali Anda bermain api dengan kepercayaan client Anda maka dipastikan Bisnis Anda akan habis terbakar.. Silakan panggil pemadam kebaran aja.. hehehehe..

Semoga Lima Tips diatas bisa merubah cara pandang dan sikap dalam menjalankan Bisnis kita. Mulailah melakukan perubahan pelan-pelan tentang cara berbisnis kita jika masih belum tepat. Dan semoga Anda bisa menjadi pebisnis yang SMART. Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s