INTONASI DAN BAHASA TUBUH

When you are selling or “persuading”, the words you chose to say are not necesserily the most important thing. What are most important is the emotions, beliefs, and attitudes you hold inside of you while you are intending to communicate with another. (Shamus Brown)

Saat mendengarkan sebuah lagu, paling tidak ada empat hal penting yang membuat lagu itu menjadi menarik. Suara penyanyinya, perubahan nada dan irama, lirik lagu, serta gerak tubuh penyanyinya.
Keempat hal ini juga berpengaruh dalam proses menjual Anda. Suara Anda harus bagus dengan pengaturan tinggi-rendah suara di tambah intonasi yang baik dan menarik. Materi presentasi Anda harus memukau prospek dan upayakan gerak tubuh Anda memancarkan hal positif.

Dalam berkomunikasi, ada tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu pemilihan kata, intonasi, dan gerak tubuh. Gerak tubuh, mimik, atau ekpresi berperan besar sekitar 55%. Yang kedua adalah intonasi suara, sekitar 35%. Sementara itu, pemilihan kata hanya berpengaruh 10%. Jadi, berhati-hatilah dengan cara Anda memberikan presentasi. Artinya, sekitar 90% komunikasi membutuhkan gerak tubuh yang tepat untuk membuat pendengar memahami Anda. Pemahaman mereka bukan diperoleh dari susunan kata. Oleh karena itu, masihkah Anda mengandalkan kata-kata? Buatlah gerak tubuh Anda indah dan bersemangat dengan nada suara yang penuh Antusiasme. Buatlah ekspresi wajah yang menarik dan jangan lupa tersenyum. Buatlah prospek merasa gembira bertemu dengan Anda.
Sebuah saran bagus saya dapatkan dari Bapak Tung Desem Waringin. Beliau menganjurkan orang untuk masuk ke kamar mandi dan melompat beberapa kali. Trik Kamar mandi dari pak Tung Desem Waringin ini sangatlah manjur untuk diterapkan. Anda akan terlihat bersemangat dan berseri-seri sekaligus dapat melenyapkan kekhawatiran dan kerguan. Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s