HARGAI ORANG-ORANG DI SEKITAR PROSPEK

“A Prudent question is one-half of wisdom” – Francis Bacon

Saat Anda melakukan presentasi, tidak jarang Anda juga dikerumuni oleh orang-orang yang bukan prospek Anda. Mungkin mereka menonton sekadar ingin tahu, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan mereka. Mengapa?
Mungkin suatu hari mereka juga tertarik dan menjadi prospek Anda. Mungkin mereka juga bisa mempengaruhi proses pengambilan keputusan prospek Anda. Jika Anda bersikap baik dan hormat, mereka akan senang dan membantu memberi penilaian positif atas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, mereka bisa juga menjadi alat promosi produk atau jasa yang Anda jual. Sekali Anda memberikan reaksi negatif, mereka akan berseberangan dengan Anda.

Sebagai contoh, ada seorang pria yang dengan antusias mendengarkan penawaran produk kesehatan dari seorang SPG (sales Promotion Girl) cantik di sebuah mal. SPG ini hanya berbicara pada sang pria dan jelas-jelas mengacuhkan sang istri yang berada di sebelahnya. Ketika sang pria meminta pendapat istrinya, dengan ketus istrinya berkata,”Nanti aku carikan yang lain. Ayo, pergi dari sini.”

Bagaimana halnya dengan seorang ibu yang berbelanja bersama anaknya? Ibu yang berbelanja bersama temannya? Gadis yang berbelanja bersama kekasihnya?
Jangan remehkan orang yang berada di sekitar prospek. Justru Anda harus memberi perhatian lebih kepada mereka. Tidak jarang, justru mereka memberikan rekomendasi, dan pastilah prospek Anda lebih mempercayai mereka daripada Anda.
“Ini bagus, loh! Kemarin Bu Ima juga beli ini” Sahabatnya berkomentar.
“Ya! Ya! Teman kantorku juga pakai!” Suaminya berkomentar
“Ma! Belikan ini ya, kemarin Tuti juga dibelikan mamanya.” Anaknya memohon
Oke, kamu cocok pakai itu!” Kekasihnya mengiyakan

Jangan lagi mengabaikan orang disekitar prospek. Bersikap baiklah pada mereka dan perhatikan bahwa mereka pun akan memberikn rekomendasi baik kepada prospek Anda.

“SEKALI ANDA MEMBERIKAN REAKSI NEGATIF, MAKA MEREKA AKAN BERSEBERANGAN DENGAN ANDA”

Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s