5 JURUS AMPUH BERKOMUNIKASI

“What customer really want is to gain the specific feeling they get after buying and using your product or service.

Dalam dunia marketing dan jasa, orang sering membuat istilah maupun akronim yang unik. Tujuannya untuk mempermudah mengingat, bukan semata agar terlihat bergaya. Istilah yang ingin saya perkenalkan adalah 5F (Family,Friendly,Flexible,Follow-up, dan Fast)

Family : Jadikan customer/prospek anggota keluarga Anda. Kumpulkan informasi tentang mereka selengkapnya, mulai dari nama putra-putri mereka, tanggal ulangnya, pekerjaannya dan sebagainya.

Friendly : Bersikaplah ramah. Banyak tersenyum meskipun Anda berbicara melalui telepon. Meskipun customer tidak melihat Anda secara langsung, mereka dapat merasakan senyuman Anda dan mengetahui bahwa Anda orang yang ramah dan menyenangkan.

Flexible : Janganlah kaku saat berhadapan dengan customer atau prospek Anda. Jangan memaksa untuk menerapkan sistem yang berlaku kepada setiap orang. Cobalah sedikit lentur dan pahami kebutuhan customer. Mereka akan lebih senang bila Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Follow-Up : Segera tindak lanjuti bila ada sesuatu hal yang tertunda. Lakukan follow-up dengan baik dan simpatik. Bila ada hambatan, segera informasikan kepada customer agar mereka tidak merasa diabaikan.

Fast : Tentu Anda tidak boleh lamban dan membuat customer Anda menunggu terlalu lama. Customer akan merasakan ketulusan Anda dan yakin bahwa Anda bukan sekedar ingin menjual sesuatu, tetapi juga menjadi sahabat. Hubungan yang terbina antara Anda dan customer pun bukan seperti pembeli dan penjual semata. Inilah yang merupakan inti dari relationship selling.

Menjual kepada orang yang sudah kita kenal akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan orang yang belum kita kenal. Menjual kepada teman akan lebih mudah dibandingkan kepada orang asing.

Lalu apa strategi Anda?

Sebelum menjual, jadikan customer sahabat Anda. Membangun hubungan baik, menjaga reputasi, ketulusan, long-term orientation, dan komunikasi 5F akan membuat proses menjual menjadi sangat menarik. Ketegangan dan konflik yang tidak perlu akan tereliminasi dengan sendirinya. Masalah rumit akan menjadi sangat sederhana. Bisnis Anda akan menjadi sangat lancar dan bahkan Anda bisa menurunkan biaya-biaya lain.

Salam Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s